Jumat, 28 Desember 2018

Profil Gunung Bawang


NAIK GUNUNG - Gunung Bawang adalah gunung yang dikeramatkan oleh suku dayak, gunung yang mempunyai ketinggian 1.1460 Mdpl ini terletak di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Sebenarnya Gunung Bawang lebih terlihat seperti area pegunungan dengan wilayah yang cukup luas membentang kira – kira sepanjang 18 km dan mencangkup empat kecamatan yaitu Kecamatan Lembah Bawang, Kecamatan Lumar, Kecamatan Sungai Betung dan Kecamatan Bengkayang. 

Gunung Bawang memiliki empat puncak runcing yang memiliki ketinggian lebih dari 1.000 Mdpl. Puncak tertingginya bernama Puncak Bawang Raya dengan tinggi mencapai 1.1460 Mdpl. 

Kawasan gunung Bawang saat ini sudah menjadi kawasan hutan lindung, disini kita masih bisa menemukan jenis kayu langka yang sudah tua seperti kayu besi atau Kayu Belian, gunung Bawang juga jauh sebelum menjadi hutan lindung , berstatus hutan hukum adat sehingga alam disini terjaga keasriannya.Selain kayu langka, jika beruntung disini kita bisa melihat hewan yang terancam punah dan dilindungi seperti Beruang madu, Rusa, Orang Utan, Burung Enggang Gading dan lain – lain. 

Titik awal pendakian menuju puncak gunung Bawang bisa di tempuh lewat tiga jalur : 
  1. Jalur Desa Madi, kecamatan Lumar Bengkayang atau dari timur gunung. Jalur pendakian desa Madi ini memakan waktu yang lumayan lama, hal ini disebabkan karena kita akan susur jalan dan melewati shelter makamuk dengan tanjakan curamnya serta masuk menyusuri hutan yang masih perawan. Pendakian via Desa Madi ini rata – rata memakan waktu satu hari. 
  2. Jalur desa Suka Maju atau disebut juga jalur kampung Singkabang yang terletak di kecamatan Bengkayang. Seperti jalur lainnya akses menuju kaki gunung lumayan susah bagi orang yang tidak mau bertanya wkwkwk. Pendakian lewat Jalur desa Suka Maju memakan waktu leih sedikit dibanding Desa Madi yaitu sekitar 8 jam perjalanan. 
  3. Yang terakhir adalah jalur yang paling umum yaitu Jalur desa Suka Bangun atau melewati sisi selatan gunung. Jalur desa Suka Bangun ini terletak di kecamatan Sungai Betung, Bengkayang. Jalur ini menjadi faforit karena tidak seperti dua jalur yang disebutkan diatas, Jalur desa Suka Bangun mempunyai akses yang cukup mudah untuk ditempuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar