Jumat, 28 Desember 2018

Profil Gunung Batur

NAIK GUNUNG – Bali ternyata tidak hanya mempunyai pantai indah yang terkenal di seantero dunia, untuk para pendaki di bali juga ada beberapa gunung yang menjadi faforit para pendaki, salah satunya adalah Gunung Batur, sebuah gunung berapi aktif yang berada di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Terletak di barat laut Gunung Agung, gunung dengan tinggi 1.717 mdpl ini memiliki kaldera raksasa berukuran 13,8 x 10 km dengan tinggi antara 1267 m - 2152 m serta garis tengah sekitar 7 km hal ini menjadikan kaldera yang berada di gunung Batur menjadi salah satu kaldera terbesar di dunia. 

Di gunung Batur ini terdapat tiga kerucut gunung berapi dengan nama Batur I, Batur II dan Batur III dengan masing – masing kawahnya. Dalam pendakian Gunung Batur ini kita akan disuguhi pemandangan indah dari mulai danau Batur yang memiliki panorama eksotis yang berada di kaki gunung di ketinggian 1.050 mdpl dengan luas 16 km persegi dan kedalaman rata rata 50,8 km. dan tentu saja keindahan kawah dan kaldera seperti yang disebutkan diatas akan menjadikan pendakian yang takan terlupakan. 

Selain yang disebut diatas dikawasan gunung Batur kita bisa wisata budaya dimana di daerah Truyan terdapat kuban yaitu tempat pemakaman desa dimana jenazah tidak dikubur atau dibakar tetapi diletakkan di bawah pohon setelah dilakukan upacara kematian yang rumit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar