Jumat, 28 Desember 2018

Profil Gunung Bukit Raya

NAIK GUNUNG - Gunung Bukit Raya termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya di Kalimantan Barat. Dengan ketinggian 2.278 Mdpl, Gunung Raya menjadi gunung tertinggi
di Kalimantan tengah, sedangkan posisinya sendiri terletak di Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Gunung ini juga masuk kedalam dalam rangkaian 7 gunung tertinggi di Indonesia, berikut daftar gunung tertinggi di indonesia :
  1. Pegunungan Jaya Wijaya /Punak Cartenzs dengan ketinggian 4.884 Mdpl 
  2. Gunung Kerinci dengan ketinggian 3.805 Mdpl 
  3. Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 Mdpl 
  4. Gunung Semeru dengan ketinggian 3.676 Mdpl 
  5. Gunung Jatimojong dengan ketinggian 3.430 Mdpl 
  6. Gunung Binaiya dengan ketinggian 3.027 Mdpl 
  7. Gunung Bukit Raya dengan ketinggian 2.278 Mdpl 
Sebenarnya Gunung Bukit Raya merupakan gunung yang terbilang jarang didaki dibandingkan dengan gunung tertinggi lainnya yang ada di Indonesia bahkan akomodasinya menjadi yang termahal kedua setelah Punak Cartenzs, hal ini disebabkan disebabkan karena letaknya yang sangat terpencil dan juga memerlukan berbagai macam moda transportasi untuk sampai di titik pendakiannya. 

Namun sisi poeitif dari jarangnya pendaki menjelajah gunung ini adalah keasrian alamnya yang terjaga serta habitat flora dan fauna yang masih banyak, tercatat lebih dari 800 flora tumbuh dengan subur di gunung ini, salah satunya adalah tanaman endemik pulau kalimantan yaitu bunga cantik Rhododendron. 

Titik awal pendakian Gunung Bukit Raya bisa ditempuh melalui dua jalur yaitu Desa Kasongan di Kalimantan Tengah dan Desa Rantau Malam di Kalimantan Barat, namun jalur faforit para pendaki menaiki gunung ini adalah lewat jalur Rantau Malam karena informasi menuju tempat ini lebih banyak dan jelas Dari Kota Pontianak, para pendaki harus melakukan perjalanan darat menuju Nanga Pinoh, setelah itu berganti moda transportasi menjadi sebuah speed boat yang digunakan untuk mengarungi Sungai Melawi menuju Serawai, Jelundung dan Rantau Malam. 

Perndakian gunung Bukit Raya didominasi oleh hutan lebat dengan pepohonan yang menjulang tinggi dan rapat. Sedangkan puncak gunungnya bernama Puncak Kakam dengan ketinggian 2.278 mdpl, Puncak kakam sendiri merupakan sebuah tanah lapang yang masih tertutup banyak pepohonan sehingga kita tidak bisa bebas untuk melihat pemandangan dari puncak gunung ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar