Jumat, 28 Desember 2018

Profil Gunung Halau Halau

NAIK GUNUNG - Gunung Halau Halau adalah gunung tertinggi di Kalimantan Selatan, gunung ini tepat berada di perbatasan tiga kabupaten yaitu Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu
Sungai Selatan, dan Kabupaten Tanah Bumbu. Sementara puncak Gunung Halau Halau yang mempunyai ketinggian 1.901 mdpl ini berada di Pegunungan Maratus, Kampung Kiyu, Desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. 

Gunung Halau Halau sendiri adalah bagian dari jajaran Pegunungan Meratus yang terdiri dari banyak bukit dan hutan lebat yang luas. Jalur pendakian gunung Halau Halau didominasi oleh trek tanah basah dengan daun daun mati sepanjang perjalanan serta pohon – pohon besar yang menjulang tinggi dan rapat. 

Dikaki Gunung Halau Halau terdapat sebuah air terjun yang indah dengan air jernih serta disekitar dipenuhi oleh berbagai jenis tumbuhan seperti Meranti, Agathis, Kanari, Nyatoh, Medang, Durian, Gerunggang, Kempas, dan Seluang. Selain pepohonan di gunung ini juga masih terdapat banyak satwa liar karena habitatnya tidak terganggu seperti burung Enggang dan jugo Owa Kalawet, bahkan disini juga ditenukan Ular Gua yang juga ditemui di daerah lain seperti di Thailand dan juga di daerah sekitar Semenanjung Malaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar