Jumat, 28 Desember 2018

Profil Pegunungan Jayawijaya

NAIK GUNUNG - Pegunungan Jayawijaya adalah rangkaian pegunungan tertinggi di Indonesia dan Oceania yang membujur di Provinsi Papua, Indonesia, dengan ketinggian maksimal puncak yang disebut Puncak Jaya adalah 4.884 mdpl. Yang unik dari puncak Jaya Wijaya ini adalah keberadaan salju padahal secara teori mustahil ditemukan salju pada kawasan yang berada di garis katulistiwa, termasuk di Indonesia. 
Selain itu disekitar Puncak Jaya juga terdapat gletser tropika di Indonesia. Selain Puncak Jaya Pegunungan Jaya Wijaya ini juga mempunyai puncak lain yang lebih rendah diantaranya : 
  1. Puncak Mandala 4.760mdpl 
  2. Puncak Trikora 4.730 mdpl 
  3. Puncak Idenberg 4.673 mdpl 
  4. Puncak Yamin 4.535 mdpl 
  5. puncak Carstenz Timur 4.400 mdpl 
Dengan ketinggian puncaknya yang mencapai 4.884 mdpl, gunung Jaya Wijaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia bahkan menjadi, gunung tertinggi di benua Australia serta menempati urutan ke dua di Aia setelah gunung Hkakabo Razi yang mempunyai tinggi 5.881 mdpl)di Myanmar. 

Mendaki sampai Puncak Jaya merupakan doa dan impian seluruh pendaki di dunia, hal ini dikarenakan ekstrimnya jalur pendakian yang membuat adrenalin naik, terjalnya jalur pendakian yang membuat diri tertantang bahkan cuaca yang tidak menentu menjadi motivasi untuk tetap kuat menuju Puncak Jaya. 

Mengingat kondisi jalur dan kondisi alam yang seperti itu maka disaranka bagi para pendaki yang mau melakukan pendakian di Gunung Jaya Wijaya harus benar – benar mempersiapkan fisik dan mental serta kemampuan bertahan hidup, navigasi yang matang serta akomodasi yang cukup karena pendakian gunung Jaya Wijaya ini menjadi salah satu pendakian termahal di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar