Senin, 24 Desember 2018

Profil Gunung Gede

NAIK GUNUNG - Gunung Gede merupakan salah satu gunung yang paling terkenal di jawa barat, hal ini tak lepas karena gunung gede merupakan salah satu laboratorium alam yang menarik minat para peneliti sejak lama. 
Dimulai pada tahun 1819 orang yang pertama mendaki gunung gede adalah C.G.C. Reinwardt yang merupakan seorang akademisi dan juga seorang pejabat belanda yang bertugas sebagai Direktur Pertanian , Seni, dan Pendidikan untuk Pulau Jawa.
Pada tahun 1920-1952 C.G.G.J. van Steenis membuat penelitian di Gunung Gede tentang koleksi tumbuhan yang menjadi dasar terbitnya buku Mountain Flora of Java pada tahun 1972. 
Gerbang utama menuju gunung terletak di Cibodas dan Cipanas, Gunung Gede ini berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980, dengan ketinggian 1.000 - 3.000 m. dpl, gunung gede berada di wilayah tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi. 
Gunung gede sendiri sudah lama menjadi primadona bagi para pendaki, gunung yang mempunyai suhu rata-rata di puncak sebesar 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C, dengan curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun ini mempunyai banyak objek wisata yang sangat inidah diantaranya. 
  • Telaga Biru. Danau kecil berukuran lima hektare (1.575 meter dpl.) terletak 1,5 km dari pintu masuk Cibodas. Danau ini selalu tampak biru diterpa sinar matahari, karena ditutupi oleh ganggang biru. 
  • Air terjun Cibeureum. Air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 50 meter terletak sekitar 2,8 km dari Cibodas. Di sekitar air terjun tersebut dapat melihat sejenis lumut merah yang endemik di Jawa Barat. 
  • Air Panas. Terletak sekitar 5,3 km atau 2 jam perjalanan dari Cibodas. 
  • Kandang Batu dan Kandang Badak. Untuk kegiatan berkemah dan pengamatan tumbuhan/satwa. Berada pada ketinggian 2.220 m. dpl dengan jarak 7,8 km atau 3,5 jam perjalanan dari Cibodas. 
  • Puncak dan Kawah Gunung Gede. Panorama berupa pemandangan matahari terbenam/terbit, hamparan kota Cianjur-Sukabumi-Bogor terlihat dengan jelas, atraksi geologi yang menarik dan pengamatan tumbuhan khas sekitar kawah. Di puncak ini terdapat tiga kawah yang masih aktif dalam satu kompleks yaitu kawah Lanang, Ratu dan Wadon. Berada pada ketinggian 2.958 m. dpl dengan jarak 9,7 km atau 5 jam perjalanan dari Cibodas. 
  • Alun-alun Suryakencana. Dataran seluas 50 hektare yang ditutupi hamparan bunga edelweiss. Berada pada ketinggian 2.750 m. dpl dengan jarak 11,8 km atau 6 jam perjalanan dari Cibodas.

Jalur Pendakian Cibodas<= =>Jalur Pendakian Gunung Putri<= =>Jalur Pendakian Selabintana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar