Senin, 24 Desember 2018

Jalur Pendakian Gunung Gede Via Cibodas

NAIK GUNUNG - Mendaki gunung perlu persiapan matang, termasuk di antaranya mengetahui rute dan keadaan setempat. Pendakian Gunung Gede ini bisa dilalui lewat 3 jalur pendakian yaitu jalur Cibodas, jalur gunung putri dan juga jalur selabintana.
Pendaftaran untuk pendakian Gunung Gede - Pangrango dilakukan minimal 2 bulan hingga 3 hari sebelum pendakian, untuk booking online serta syarat – syaratnya bisa dilakukan via website resmi TNGGP di http://booking.gedepangrango.org.

PENDAKIAN GUNUNG GEDE VIA CIBODAS 

Pos Pendaftaran – Tarentong (15 menit) 
Dari pos pendaftaran kita mulai melangkah menuju Tarentong yang berjarak kira - kira 15 menit perjalanan normal. 

Tarentong – Telaga Biru (15 menit) 
Pada perjalanan awal ini kita masih berjalan di trek batu yang sudah disusun oleh pengelola,karena di titik ini adalah jalur wisata , banyak orang bahkan keluarga yang kesini, mereka biasanya mengunjungi Wisata Telaga Biru dan Air Terjun Cibeureum. Dari Tarentong menuju Telaga Biru ini menghabiskan waktu sekitar 15 menit perjalanan normal. 


Telaga Biru – Rawa Panyangcangan (20 menit) 
Dari Telaga Biru lalu perjalanan dilanjutkan menuju Rawa Panyangcangan sekitar 20, di sini ada sebuah rawa yang dinamakan “Panyangcangan”. Dan Pos Rawa Panyangcangan ini juga menjadi percabangan untuk menuju gunung Gede Pangrango dan air terjun Cibeureum. 

Rawa Panyangcangan – Rawa Denok 1 (10 menit) 
Selanjutnya dari percabangan Rawa Panyangcangan kita terus berjalan menuju Rawa Denok 1 melewati jalan yang terbuat dari beton, yang sudah dibuat sedemikian rupa sehingga nyaman untuk dilalui. 

Rawa Denok 1 – Air Panas (2 jam 15 menit) 
Dari Rawa Denok 1 inilah pendakian sebenarmya dimulai, kita akan melewati pos-pos yang sama dan selepas dari jalan rawa kita akan bertemu dengan jalan bebatuan dan mulai terjal, menanjak, memutar, dengan pemandangan yang indah tentunya. 

Rawa Denok 1 – Rawa Denok 2 
Rawa Denok 2 – Bartu Kukus 1 
Batu Kukus 1 – Batu Kukus 2 
Batu Kukus 2 – Batu Kukus 3 
Batu Kukus 3 – Pondok Pemandangan 

Air Panas – Kandang Batu (1jam) 
Di Pos Air Panas ini adalah sebuah jalan menembus aliran air panas dari puncak gunung Gede. Trek yang akan kita lalui sangat ekstrim dan harus sangat hati-hati karena kita akan berjalan di atas aliran air panas yang sempit dan hanya berpegangan dengan seutas tali dan di bawah aliran tersebut adalah jurang yang curam. 
Setelah melewati jalan air panas tersebut kita akan bertemu dengan shelter atau tempat istirahat dan di sana ada kolam kecil air panas, kita bisa berendam kaki di sana sekaligus beristirahat sejenak. 
Selanjutnya perjalanan menuju Pos Kandang Batu dimana disini adalah tempat yang cukup luas untuk beristirahat, serta mampu menampung beberapa tenda. 

Kandang Batu – Panca Weuleuh (10 menit) 
Selanjutnya, dekat dari Kandang Batu kita akan bertemu dengan Air Terjun Panca Weuleuh. 

Panca Weuleuh – Kandang Badak (1jam) 
Selanjutnya dari Panca Weuleuh kita akan menuju tempat favorit para pendaki untuk mendirikan tenda dan bermalam yaitu Pos Kandang Badak. Di Pos Kandang Badak ini sangat berlimpah sumber air, ada tempat yang dibuat khusus seperti galon air untuk menampung air dari gunung. Di pos ini bisa menampung sampai puluhan tenda. 

Kandang Badak – Puncak Gunung Gede (2jam) 
Nah, perjalanan mendaki puncak dari Kandang Badak cukup memakan waktu yang lama. Yakni 2jam perjalanan masing-masing, menuju puncak gunung Gede atau puncak gunung Pangrango. Nanti kita akan bertemu dengan percabangannya, kiri untuk puncak Gede, kanan untuk puncak Pangrango. 
Dalam perjalanan menuju puncak Gede kita akan bertemu dengan jalan yang bercabang, satu jalan memutar, satunya lagi jalan via tanjakan yang sangat ekstrim dinamakan “tanjakan Setan”. Jika ingin dua-duanya kita bisa melalui jalur pertama saat berangkat, pulangnya bisa via jalur Tanjakan Setan. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar