Senin, 24 Desember 2018

Jalur Pendakian Gunung Gede Via Selabintana


NAIK GUNUNG - Basecamp Selabintana berada pada ketinggian 960 mdpl. Ini adalah basecamp paling rendah dibanding basecamp Cibodas dan basecamp Gunung Putri. Jalur pendakian Selabintana ini menjadi tantangan menarik bagi pendaki petualang banyak hal yang menjadi alasan, diantaranya :
1. membutuhkan waktu yang lebih lama baik dalam pendakian
    maupun dalam perjalanan di kendaraan umum,akses
2. kendaraan umum yang susah dan lebih jauh
3. jalurnya lebih berat, berlumpur dan banyak pacet.

Setelah sampai di Selabintana, kamu akan diminta tiket yang telah kamu booking dan barang bawaanmu akan diperiksa, bila ketahuan membawa barang-barang yang dilarang, seperti odol, sampo, sabun dll, maka petugas akan mengambilnya.


Pos Pemeriksaan – Pos Citingar (30 menit)
Dari Pos Pemeriksaan kita berjalan menuju Pos Citingar sambil menyusuri tepi sungai yang aliran airnya jernih dan sangat dingin memasuki kawasan hutan lebat yang banyak dihuni satwa liar. Disini juga kita bias melihat satwa satwa khas gunung gede diantaranya monyet dan burung yang berkicauan di atas dahan.
Di jalur ini kita akan merasakan sensasi dimana kita benar – benar merasakan berada di hutan yang lebat dengan sampah dedauan di sepanjang jalan dan pohon – pohon besar serta di musim penghujan banyak pacet dan di musim kemaraupun masih ada pacet, dengan medan menanjak dan pijakan tanah gembur dilapisi guguran dedaunan. Setelah berjalan sekitar 1/2 jam kita akan berjumpa dengan menara pengamatan burung. Selanjutnya akan sampai di Pos Citingar (1.000mdpl).


Pos Citingar - Citingar Barat (2 jam)
Lanjut berjalan menuju pos Citingar Barat masih dengan kondisi jalur yang sama yaitu medan menanjak dan pijakan tanah gembur yang dilapisi guguran dedaunan, dijalur ini kalau mau beristirahat sebaiknya tidak duduk di atas pohon tumbang atau di tanah berhumus karena disitu banyak pacet yang bersembunyi menunggu makan wkwkwk.
Setelah 2 jam kita akan tiba di Pos Citingar Barat (1.175 mdpl).
Pos Citingar Barat - Pos Cigeber (1 jam)
Selanjutnya setengah  jalur masih berupa tanah gembur dilapisi dedaunan sebelum kita akan menemukan jalur dengan batu yang ditata rapi dan kabar baiknya disini pacet sudah jarang dijumpai.
Setelah berjalan selama 1 jam kita akan sampai di Pos Cigeber (1.300 mdpl).

Pos Cigeber - Pos Cileutik (1 jam)
Lanjut dari Pos Cigeber menuju Pos Cileutik, disini kita mulai bias melihat langit setelah sebelumnya  langit tertutup pohon yang rimbun, jalur tanah pun mulai agak keras melewati pinggiran jurang dengan rumput – rumput yang tinggi, setelah itu kita sampai di Pos Cileutik (1.500 mdpl).


Pos Cileutik - Pos Pertigaan (1 jam)
Dari Cileutik, memulai dengan melewati sungai kecil, Sekitar satu jam kita akan sampai di Pos Pertigaan, di tempat ini terdapat persimpangan jalur, bila ke kanan menuju puncak gunung Gumuruh, bila ke kiri menuju alun-alun Surya Kencana. Sekitar lima menit dari lokasi Pos ini kita akan sampai di tempat yang terbuka, ke kanan kita bisa melihat ALun-alun Surya Kencana dan Puncak Gunung Gede.

Pos Pertigaan – Alun  alun Surya Kencana (30 menit)
Dari pos pertigaan kita terus berjalan sekitar 30 menit menuju Alun  alun Surya Kencana. Disini biasanya para pendaki mendirikan tenda.
Alun  alun Surya Kencana  - Puncak Gede (30 menit)
Untuk menuju puncak Gunung Gede dari Km-0 kita masih harus mendaki batuan terjal yang banyak ditumbuhi Edelweis, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar