Senin, 24 Desember 2018

Profil Gunung Karang

NAIK GUNUNG - Gunung Karang merupakan gunung tertinggi yang berada diwilayah Kabupaten Pandeglang, Banten, ketinggiannya mencapai 1778 mdpl. Gunung ini merupakan gunung berapi kerucut atau yang disebut gunung berapi istirahat sehingga gunung ini masuk dalam kelompok gunung Stratovolcano yang masih memiliki potensi meletus.
Gunung Karang sendiri merupakan gunung yang menjadi faforit
bagi para penjiarah, hal ini tak lepas dari banyaknya situs sejarah yang dianggap keramat oleh masyarakat, diantaranya :
  • batu Menhir
  • Situs Pahoman Pasir Petey
  • Sumur Tujuh
  • Petilasan Sultan Banten ke 1
  • Makam Syekh Rako
  • Makam Syekh Karan

Dengan potensi wisata spiritual yang dimilikinya, saat ini Gunung Karang sendiri sudah menjadi salah satu objek wisata yang diharapkan mampu menarik banyak wisatawan untuk berkunjung.
Saat ini walaupun Gunung Karang tidak terlalu tinggi, tetapi para pendaki sudah mulai melirik karena tantangan jalur pendakian yang lumayan menguras tenaga. Untuk jalur pendakian sendiri terdapat tiga jalur utama yaitu Desa Kaduengang,  Pagerwatu/Ciekek dan yang terakhir yang biasanya dilewati para peziarah adalah jalur Curug Nangka/Ciomas.

Jalur Barat (Jalur Pendakian Kaduengang)
Di jalur Kaduengang merupakan jalur pendek dengan trek yang menantang bagi para pendaki , sehingga jalur ini sudah menjadi jalur faforit untuk kebanyakan pendaki.

Jalur Selatan ( Jalur Pendakian Pagerwatu/Ciekek)
Jalur ini sebenarnya cukup landau untuk melakukan pendakian, namun waktu tempuh untuk mencapai puncak melewati Jalur Pendakian Pagerwatu ini sangat panjang yaitu sekitar 7-8 jam perjalanan sehingga pendaki jarang melewati jalur ini.

Jalur pendakian alternative( jalur pendakian Curug Nangka/Ciomas)
Jalur pendakian Curug Nangka ini merupakan jalur yang biasa dilalui oleh para peziarah, jalur ini merupakan jalur yang sangat panjang dan melelahkan karena dimulai dari bawah lereng dan memerlukan waktu sekitar 20 jam - 1 hari perjalanan untuk mencapai puncak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar