Senin, 24 Desember 2018

Jalur Pendakian Gunung Karang

NAIK GUNUNG - Jalur pendakian Gunung Karang dapat ditempuh melewati tiga lokasi yaitu :

Jalur Barat (Jalur Pendakian Kaduengang)
Di jalur Kaduengang merupakan jalur pendek dengan trek yang menantang bagi para pendaki , sehingga jalur ini sudah menjadi jalur faforit untuk kebanyakan pendaki. Di desa  ini  para pendaki akan disuguhkan  indahnya gemerlap kota Serang & Pelabuhan Merak. Sedangkan waktu tempuh dari Kaduengang menuju Puncak Sumur Tujuh,  mengahabiskan waktu sekitar  4 – 6 jam.
Jalur pendakian Kaduengang ini akan melewati 5 pos yaitu :

Pos 1 (Menara)
Pos ini ditandai dengan adanya tower setelah kita menanjak dari desa Kaduengang
Pos 2 (Hutan 1)
merupakan hutan yang tidak terlampaui lebat dan berada di sekitar ladang warga.
Pos 3 (Tanah Gelap)
Disini hutan mulai lebat dengan trek curam yang menguras keringat.
Pos 4 (Tanah Petir)
Dari sinipun trek masih sama dengan sebelumnya hutan yang lumayan lebat dengan suasana yang terasa mistis.
Pos 5 (Hutan 2/Anggrek)
Mulai memasuki kawasan vegetasi hutan yang cukup lebat dan menanjak. Sampai nanti ada sebuah pertigaan/persimpangan. Ambil ke kiri menuju Puncak/sumur tujuh. Sedangkan ke kanan menuju Curug
Puncak tujuh
Dari hutan anggrek menuju puncak dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dan dipuncak kita akan menemukan mushola kecil tempat para peziarah.
Nangka, Ciomas.

Jalur Selatan ( Jalur Pendakian Pagerwatu/Ciekek)
Jalur ini sebenarnya cukup landau untuk melakukan pendakian, namun waktu tempuh untuk mencapai puncak melewati Jalur Pendakian Pagerwatu ini sangat panjang yaitu sekitar 7-8 jam perjalanan sehingga pendaki jarang melewati jalur ini.

Jalur pendakian alternative( jalur pendakian Curug Nangka/Ciomas)
Jalur pendakian Curug Nangka ini merupakan jalur yang biasa dilalui oleh para peziarah, jalur ini merupakan jalur yang sangat panjang dan melelahkan karena dimulai dari bawah lereng dan memerlukan waktu sekitar 20 jam - 1 hari perjalanan untuk mencapai puncak.