Kamis, 27 Desember 2018

Profil Gunung Masurai


NAIK GUNUNG - Gunung Masurai merupakan gunung tertinggi ke dua di Provinsi Jambi setelah Gunung Kerinci, dengan ketinggian 2933 Mdpl, Gunung Masurai terlihat gagah dan indah untuk dipandang. Gunung Masurai terletak di Kabupaten Merangin yang mencakupi 3 kecamatan yaitu yaitu Kecamatan Lembah Masurai, Kecamatan Jangkat dan Kecamatan Sungai Tenang. 

Gunung Masurai relatif masih sangat alami, terutama setelah lewat pintu rimba hingga ke puncak , Sedangkan sebelum pintu rimba, Seperti Gunung Kerinci Gunung Masurai juga dijadikan sebagai kawasan Hutan Konservasi dengan nama Taman Nasional Kerinci Seblat. 

Sepanjang jalan menuju puncak Gunung Masurai, para pendaki akan disuguhi kesegaran khas hutan tropis yang sejuk. Pemandangan pepohonan juga nampak eksotis karena berbalut lumut-lumut yang tebal. Jarak antar perpohonan juga tidak terlalu rapat sehingga sinar matahari bisa menerobos masuk membentuk gradasi cahaya yang indah. 

Di balik gunung Masurai pula, memancarkan beberapa sumber mata air yang telah dikenal oleh banyak orang dan masyarakat umum sebagai hulu dari sungai Batang Tembesi yang merupakan salah satu sungai utama di antara sekian banyak sungai yang bermuara ke sungai utama yang ada di Provinsi Jambi dengan kata lain merupakan Sub DAS Batanghari. Selain itu, masih ada juga beberapa sumber mata air seperti yang terletak di sisi selatannya.

Sedangkan di ketinggian 2.560 mdpl Gunung ini mempunyai Danau indah yang bernama Danau Kumbang yang merupakan danau tertinggi kedua di Indonesia setelah Danau Habema yang terletak di Papua. Tidak hanya satu gunung Masurai mempunyai danau lain seperti Danau Mabok, Danau Merah dan Danau Larangan yang sayangnya akses kelokasi tersebut masih sulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar