Selasa, 25 Desember 2018

Profil Gunung Klabat

NAIK GUNUNG - Sasaran para pendaki kali ini berada di Provinsi Sulawesi Utara, dengan ketinggian puncak mencapai 1.995 mdpl Gunung Klabat menjadi gunung tertinggi di Provinsi Sulawesi Utara. 

Gunung Klabat merupakan gunung api yang tidak aktif lagi, mempunyai puncak yang indah yaitu kepundan berbentuk danau kecil dengan air yang sangat jernih. 

Sejarah nama Klabat sendiri diambil dari bahasa Minahasa
"Kalawat" dialek Tonsea "Kalabat" yang merupakan 

Sejarah Nama Klabat nama dari sejenis satwa lokal yang juga disebut babirusa. Awal kata ini digunakan oleh para pelaut Portugis "Calabets" sebagai nama gunung di pulau sulawesi, dari kata ini dinamakan sebagai nama pulau yang kemudian Calabes jadi Calabes. 

Pendakian gunung klabat melalui daerah air madidi bias ditempuh selama 8 jam perjalanan. Jalur pendakian Gunung Klabat ini melalui lereng-lereng terjal gunung Klabat dipenuhi deretan flora dan fauna unik di sepanjang jalur pendakian, disini kalau beruntung kita bias melihat Pantat Merah (Macaca nigra), Kuskus Beruang Sulawesi (Ailurops ursinus), dan berbagai jenis burung yang merupakan hewan endemic daerah ini. 

Keelokan dan keistimewaan Gunung Klabat bisa ditemui saat mendekati puncak. Di pos enam terdapat Hutan Lumut yang unik serta danau Klabat dengan deretan pepohonan strawberi hutan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar