Selasa, 25 Desember 2018

Profil Gunung Gandang Dewata

NAIK GUNUNG - Gunung Gandang Dewata mempunyai tinggi maksimal 3037mdpl yang menjadikannya sebagai gunung tertinggi di Sulawesi Barat. 

Gandang Dewata mempunyai arti dalam bahasa Indonesia Gendang Dewa, hal ini tak lepas dari bentuk Puncak Tanete Gandang Dewata yang terlihat seperti gendang raksasa kalau dilihat dari jauh. Mitos
yang beredar disana bahwa pada hari – hari tertentu akan terdengar suara gemuruh yang berasal dari puncak Tanete Gandang Dewata yang dianggap sebagai suara gendang raksasa. 

Disini setiap pendaki diharuskan menjaga kelakuan serta tutur katanya selama pendakian untuk bisa terhindar dari malapetaka. 

Untuk Rute pendakian biasanya kebanyakan pendaki akan melewati jalur Mamasa karena rute ini aman dan di sepanjang jalur memiliki tanda berupa string line yang cukup jelas terlihat. 

Selain rute Mamasa rute lain yang biasa dilewati oleh para pendaki adalah rute pendakian via Mamuju. 

Kota Mamasa terletak sekitar 252 km dari Kota Makassar yang dapat di tempuh dengan kendaraan Bus dan mobil penumpang dengan biaya 75.000 rupiah. Perjalanan dari Makassar menuju Polewali memakan waktu 6 jam, setelah itu perjalanan dari Polewali menuju Mamasa dapat di tempuh dalam waktu 3 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar