Selasa, 25 Desember 2018

Profil Gunung Kelud

NAIK GUNUNG - Satu lagi gunung yang terbilang sangat aktif yaitu Gunung Kelud yang berada di provinsi Jawa Timur yaitu perbatasan Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang. 

Dilansir dari halaman Wikipedia  

Sebagaimana Gunung Merapi, Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Sejak tahun 1000 M, Kelud
telah meletus lebih dari 30 kali, dengan letusan terbesar berkekuatan 5 Volcanic Explosivity Index (VEI). Letusan terakhir Gunung Kelud terjadi pada tahun 2014. 

Sejak tahun 2004 jalan menuju kawasan Gunung Kelud sudah diperbaiki sehingga para wisatawan mudah menjangkau dan nyaman. Objek wisata Gunung Kelud sendiri saat ini sudah popular dengan atraksi utama adalah kubah lava, bahkandDi puncak Gajahmungkur dibangun gardu pandang dengan tangga terbuat dari semen, biasanya pada malam hari wisatawan ramai kesini untuk melihat kubah lava diberi penerangan lampu berwarna-warni. Selain itu, telah disediakan pula jalur panjat tebing di puncak Sumbing, pemandian air panas, serta flying fox. 

Bagi para pendaki basecamp desa Tulungrejo di Blitar bias menjadi pilihan yang tepat untuk memulai pendakian, disini tantangannya lebih asik, sedangkan bagi wisatawan lebih baik lewat Kediri karena disitu akomodasi dan fasilitas lumayan lengkap untuk wisatawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar