Rabu, 26 Desember 2018

Profil Gunung Talamau

NAIK GUNUNG - Gunung Talamau adalah gunung api tidak aktif, dengan ketinggian 2.920 Mdpl, gunung ini menjadi gunung tertinggi di Provinsi Sumatera Barat. Gunung Talamu berada di wilayah desa Pinagar, Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. 

Sementara titik pendakian gunung Talamau ini bisa ditempuh dari tiga tempat yaitu Desa Pinagar, Desa Malampah dan Desa Kinali. 

Gunung Talamau menjadi primadona untuk mendaki di Sumatera Barat hal ini dikarenakan keindahan yang akan kita dapatkan jika mendaki gunung ini, hutan di Gunung Talamau ini sangat asri dan masih terjaga, disini kita bisa melihat air Puti Lenggo , dengan ketinggian 109 meter air terjun ini menjadi lebih indah. 

Setelah kita mendaki setinggi 2750 mdpl kita akan menjumpai ikon dari gunung ini yaitu telaga sebanyak 13 buah. Telaga ini menjadi lebih special dengan dibumbui cerita legenda yang di percaya oleh masyarakat sejak zaman dahulu, nama telaga tersebut adalah Talago Buluah Perindu, Talago Biru, Talago Cindua Mato, Talago Lumuik, Talago Imbang Langik, Talago Puti Bungsu, Talago Mandeh Rubiah, Talago Puti Sangka Bulan, Talago Satwa, Talago Rajo Dewa, Talago Siuntuang Sudah, Talago Tapian Sutan Bagindo dan Talago Tapian Puti Mambang Surau. Sementara di puncak gunung kita bisa melihat keindahan 13 telaga ini seluruhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar