Rabu, 26 Desember 2018

Profil Gunung Dempo

NAIK GUNUNG - Dengan ketinggian mencapai 3159 mdpl, Gunung Dempo resmi menjadi gunung tertinggi Sumatera Selatan. Gunung Dempo terletak di perbatasan provinsi Sumatera Selatan dan provinsi Bengkulu, tepatnya di kota Pagaralam dan berada di rangkaian pegunungan Bukit Barisan. 

Gunung ini menjadi faforit untuk pendakian di Sumatera Selatan
dikarenakan gunung ini menjadi gunung yang ramah pendaki, seperti karakteristik hutan Montana lainnya Gunung Dempo mempunyai stok air yang melimpah, bahkan sampai ke setengah perjalanan mendaki. 

Jalur pendakian ke puncak Gunung Dempo dipenuhi dengan akar-akar yang melintang, dan dengan kemiringan yang cukup curam perjalanan menjadi lebih menantang namun begitu disini terasa segar dengan hutan Montana yang homogen. 

Di puncak utama Gunung Dempo yang merupakan kawah gunung berapi yang masih bergejolak seluas 100 meter persegi dengan dinding kawah cukup terjal dan tak mungkin dituruni dengan alat seadanya kita disuguhkan pemandangan yang luar biasa dengan view provinsi Bengkulu serta Lautan Hindia dengan hamparan lembah yang sunyi dan hening. 

Sebenarnya ada dua puncak di gunung Dempo yaitu yang pertams pada ketinggian 3.159 mdpl dan yang kedua pada ketinggian 3.259 mdpl serta dipisahkan oleh tanah lapang luas yang biasa disebut "pelataran".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar