Selasa, 25 Desember 2018

Profil Gunung Mekongga

NAIK GUNUNG - Gunung Mekongga merupakan gunung tertinggi di Sulawesi Tenggara dengan puncak tertinggi bernama mosero-sero yang berada di ketinggian 2.620 mdpl. . Kawasan pegunungan ini merupakan jajaran pegunungan Verbeck yang puncak-puncaknya terdiri dari jenis batuan karst dataran tinggi. 

Dilansir di halaman Wikipedia 

Nama Mekongga berasal dari cerita rakyat setempat yang berkisah tentang pertempuran seorang kesatria dan seekor burung elang. Menurut hikayat, suatu masa puncak gunung ini dihuni oleh Kongga, yaitu seekor burung raksasa. Para penduduk sering resah karena sang burung sering membuat onar dan mengganggu kehidupan rakyat. Kemudian tampillah seorang bangsawan gagah berani yang berhasil menewaskan burung raksasa. Sebagai hadiahnya, raja setempat menikahkan putrinya dengan si bangsawan. Dan untuk mengenang jasa besar itu, kawasan tersebut diberi nama Mekongga. 

Di pegunungan Mekongga sendiri terdapat berbagai jenis flora dan fauna yang khas yang kemudian menjadi biota endemic yang hanya terdapat di wilayah ini, hal ini dikarenakan Secara geologis wilayah pegunungan ini terbentuk dari atol yang terangkat sekitar ratusan juta tahun yang lalu. 

Perjalana kepuncak mosero-sero sendiri awal titik pendakiannya biasa ditempuh dari Dusun Surolako, Desa Rantebaru di Kecamatan Ranteangin yang dapat dicapai dengan kendaraan roda empat sekitar empat jam dari kota Kolaka. Lama pendakian diperkirakan membutuhkan waktu 5 sampai 6 hari, namun di dalam perjalanan kita tidak akan bosan karena akan disuguhi keindahan alam yang menakjubkan dimulai suasana hutan tropis yang jarang dijamah orang, merdunya kicau burung, sampai acara menyeberangi pertemuan Sungai Mosembo dan Sungai Tinokari. Selain itu, jika beruntung mungkin kita akan berpapasan dengan anoa yang menjadi khewan khas Sulawesi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar