Selasa, 25 Desember 2018

Profil Gunung Latimojong

NAIK GUNUNG - Gunung Latimojong merupakan gunung yang tertinggi di Sulawesi Selatan sedangkan puncaknya bernama Rante Mario, dengan ketinggian 3.478 meter menjadikan gunung ini sebagai bagian dari tujuh puncak tertinggi di Indonesia (Seven Summits of Indonesia). 

Gunung Latimojong terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Indonesia dan membentang luas dari selatan ke utara dari mulai Kabupaten Enrekang, Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten
Sidenreng Rappang dan Kabupaten Luwu. 

Pegunungan yang berada di utara Provinsi Sulawesi Selatan ini memiliki beberapa puncak. Titik tertinggi dari pegunungan ini dinamai Puncak Rante Mario dengan ketinggian 3.430 mdpl. Titik awal pendakian pegunungan ini dapat dimulai dari Desa Karangan diikuti oleh puncak lainnya yaitu puncak Buntu Nenemori, puncak Buntu Sinaji, puncak Buntu Sikolong, puncak Buntu Rante Kambola, puncak Buntu Bajaja, dan puncak Buntu Latimojong. 

Wilayah pegunungan Latimojong dipenuhi oleh hutan tipe Montana yang memang hutan tipe ini dipenuhi tanaman yang hanya tumbuh di wilayah dengan ketinggian 2.000 hingga 3.000 meter dari permukaan laut, selain itu jika kita beruntung kita dapat melihat satwa endemic dari daerah ini seperti babi rusa dan anoa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar